Selasa, 11 November 2014

JENIS-JENIS BARANG BAWAAN TAMU



   JENIS-JENIS BARANG BAWAAN TAMU

Barang-barang yang dibawa tamu selama menginap di hotel terdiri dari beberapa macam jenis dan ukuran. Kondisi barang sangat beragam harus di identifikasi oleh Porter agar dapat menemukan teknik yang tepat untuk menanganinya. Barang-barang tertentu harus dengan perlakuan ekstra hati-hati. Salah satu contohnya lukisan, usahakan tidak menyentuh permukaan lukisan karena disamping dapat menyebabkan kerusakan. Sebagaian tamu tidak suka jika permukaan lukisan disentuh. Apabila tamu mempercayakan petugas untuk membawanya, petugas harus sangat hati-hati, termasuk dengan menempatkan barang-barang tersebut ditempat yang mudah diawasi.
Berikut ini adalah beberapa jenis barang (luggage) yang biasa dibawa oleh tamu yang menginap di hotel yaitu :
·         Trunk adalah sebuah tas atau koper besar untuk membawa pakaian dan perlengkapan lain seperti perlengkapan film.


·         Suitcase adalah digunakan saat perjalanan untuk membawa pakaian. Tas ini sering dikenal dengan koper pakaian. Suit case ada 2 macam yaitu : hard  suitcases terbuat  dari metal atau plastik, sedangkan soft suitcases terbuat dari kulit, kain atau kain kanvas.


·         Handbag (satchel) adalah sebuah jenis tas yang terbuat dari bahan yang lembut seperti kulit, plastik, kain, atau kanvas yang diberi lapisan didalamnya yang mana biasanya tas ini dibawa dengan cara menenteng. Tas ini biasanya untuk membawa barang-barang yang sifatnya ringan.


·         Briefcase adalah bentuknya hampir sama dengan tas tangan, tas tangan ini biasanya digunakan untuk membawa dokumen.

·         Golf Bag adalah tas untuk membawa perlengkapan olah raga golf.

·         Cosmetic Case(Beauty Case, Vanity Case) adalah tas untuk menyimpan berbagai peralatan kosmetika.

·         Camera Case adalah tas untuk membawa perlengkapan foto seperti camerabody, lensa, flashes dsb.

·         Painting adalah lukisan, baik yang sudah dibingkai maupun yang masih digulung/dilipat.







·         Garment Bag/Valet Bag/Suit Bag adalah sebuah gaya koper yang dilipat pada dirinya sendiri untuk membiarkan pakaian panjang seperti pakaian atau gaun untuk dikemas datar untuk menghindari kekusutan dan bisa digantung di hanger. Tas garmen datang dalam kedua model roda dan non-roda, dan biasanya salah satu bagian terbesar dalam setiap set bagasi.

·         Hat Bag adalah kotak untuk membawa topi, biasanya untuk aneka topi yang digunakan oleh wanita. Tas ini terbuat dari bahan-bahan ringan seperti plastik, anyaman dan kain serta bentuknya mengikuti bentuk topinya.


·         Shoulder Pack  Tas yang berbentuk koper lipat yang digunakan oleh tentara yang fungsi nya juga.



·         Val pack/ Val case  Tas yang berbentuk ransel yang biasanya dibawa di punggung yang dilipat/digantung.


·         Haversack :  Tas ini terbuat dari kanvas, dikenal juga dengan tas tentara, tas untuk membawa pakaian dan atau makanan.


·         Travelling Bag Tas kecil atau sering disebut tas pundak, biasanya digunakan oleh para pendaki gunung.




·         Beach Bag


Barang-barang bawaan diatas memiliki teknik tertentu untuk membawanya secara aman. Jika barang-barang tersebut sangat berat anda harus memperhatikan agar dapat dibawanya secara aman. Disini berkaitan erat dengan teknik-teknik penanganan barang bawaan tamu. Dalam makalah ini, kami akan singgung sedikit  mengenai teknik umum penanganan barang bawaan tamu.

THANK YOU

13 komentar:

Unknown mengatakan...

Izin share ya :) Terimakasih

Muhammad Herdi Agustianto mengatakan...

KEREN

Unknown mengatakan...

Terimakasih Sangat membantu :-)

Dedekgemesy mengatakan...

sangat bermanfaat

Unknown mengatakan...

Berfaedah sekali👍

Unknown mengatakan...

Tks

Ryfaldhi Wildan Maulana mengatakan...

sip

Unknown mengatakan...

Thank you

Unknown mengatakan...

Thank You.
God bless.

Unknown mengatakan...

Terimakasih

Oktaniaf mengatakan...

very helpful<3

ikky yagami mengatakan...

makasi kak

Akun mengatakan...

Cukurukuk😂

Posting Komentar