Cleaning the guest rooms
Cleaning The
Guest Rooms atau Kegiatan Pembersihan Kamar Tamu adalah Kegiatan yang dilakukan
setiap harinya oleh Roomaid/Roomboy yang ada di hotel. Biasanya ada pembagian
kerja atau shift yang terbagi atas Morning Shift dan Afternoon Shift yang
memiliki peranan yang sama untuk membersihkan kamar tamu. Dalam proses
pembersihan, kita sebagai Roomaid/Roomboy harus melihat status kamar dari occupancy
yang kita miliki.
Disini akan
dijelaskan pembersihan kamar tamu yang berstatus Check Out ( Vacant Dirty ), Occupied
dan Vacant Clean.
----------------------------------------
a) Pembersihan Kamar Check
Out
Kamar check
out ( Vacant dirty ) adalah kamar yang sudah ditinggalkan oleh tamu dan
berstatus kosong dan kotor sehingga harus dibersihkan agar dapat dijual
kembali.
Langkah-langkah
membersihkannya yaitu ;
·
Preparation
trolley (semua perlengkapan pembersihan kamar seperti : sheets, bath towels,
hand towels, face towels, bath mats, pillow cases, bath robes, perlengkapan
tamu (Guest Supplies), alat-alat pembersih (Cleaning Equipment), bahan-bahan
pembersih (Cleaning Supplies), dan Guest Stationary).
·
Setelah
semua perlengkapan trolley telah siap dan tertata dengan rapi, maka mulailah
menuju kamar yang akan dibersihkan.
·
Bell kamar kemudian sebutkan “Housekeeping”, bila tidak ada respon
ulangi lagi. Jika juga tidak ada respon, buka pintu
secara perlahan sambil mengatakan housekeeping. Jika ada respon dari dalam, tunggu hingga pintu dibuka oleh tamu kemudian minta ijin apakah kamarnya dapat dibersihkan.
secara perlahan sambil mengatakan housekeeping. Jika ada respon dari dalam, tunggu hingga pintu dibuka oleh tamu kemudian minta ijin apakah kamarnya dapat dibersihkan.
·
Kamar
dalam keadaan occupied karena berisi barang bawaan tamu.
·
Buka curtain supaya penerangan di dalam
kamar lebih terang. Buka jendela untuk sirkulasi udara segar (beberapa hotel
jendela tidak dapat dibuka dengan alasan keamanan).
·
Bawa gelas, ashtray, cangkir ke basin
di bathroom. bila ada tray dar room service hubungi room service untuk pick up.
·
Bersihkan tempat sampah dan buang
sampah tersebut ke rubbish bag di trolley.
·
Periksa semua ruangan untuk melihat
apakah ada barang-barang tamu yang tertinggal.
·
Setelah itu, periksa keadaan linen pada
bed seperti : sheet, pillow cases dan duvet, jika ada spot/kotor atau mungkin
juga tamu ingin untuk diganti linen maka gantilah linen lama dengan yang baru
yang ada di trolley. Dan jika line masih bersih, maka hanya rapikan saja bed
agar lebih rapid an bersih sesuai dengan standard hotel.
· Setelah
making bed, lakukan dusting di area kamar dengan prosedur yang benar. Pastikan
mendusting dengan hati-hati agar barang tamu tidak ada yang rusak atau hilang.
·
Lengkapi semua guest amenities yang dipakai oleh tamu dengan yang baru sebagai
syarat kelengkapan kamar.
·
Lalu, cleaning the bathroom. Flushing terlebih dahulu toilet bowl dan berikan
chemical. Diamkan sejenak, sambil melanjutkan pembersihan gelas, cangkir dan
asbak yang kotor.
·
Sesudah itu, bersihkan toilet, bathtup,
shower, basin dan mirror. Lalu dikeringkan.
·
Ganti towel yang kotor dengan yang
bersih sesuai dengan standar.
· Ganti dengan yang baru semua amenities yang dipakai. letakkan
sesuai dengan standar.
· Bersihkan lantai kamar mandi, pastikan
bahwa rambut tidak ada yang tertinggal.
·
Setelah itu, Vacuum lantai dari area
yang paling jauh dari pintu dengan cara berjalan mundur. Pastikan semua
permukaan lantai kamar dan balcony bersih dan tidak ada yang terlewatkan.
·
Setelah itu, periksa kembali kamar agar
bisa memastikan bahwa kamar siap dijual kembali dan terakhir beri pengharum
ruangan.
b) Pembersihan Kamar Occupied
Kamar
Occupied yaitu kamar yang berstatus masih ditempati oleh Tamu dan setiap
harinya harus dibersihkan agar memberikan kesan kenyamanan bagi Tamu yang
menempatinya.
Langkah-langkah
membersihkannya yaitu ;
· Preparation
trolley (semua perlengkapan pembersihan kamar seperti : sheets, bath towels,
hand towels, face towels, bath mats, pillow cases, bath robes, perlengkapan
tamu (Guest Supplies), alat-alat pembersih (Cleaning Equipment), bahan-bahan
pembersih (Cleaning Supplies), dan Guest Stationary).
·
Setelah
semua perlengkapan trolley telah siap dan tertata dengan rapi, maka mulailah
menuju kamar yang akan dibersihkan.
· Bell kamar kemudian sebutkan “Housekeeping”, bila tidak ada respon
ulangi lagi. Jika juga tidak ada respon, buka pintu
secara perlahan sambil mengatakan housekeeping. Jika ada respon dari dalam, tunggu hingga pintu dibuka oleh tamu kemudian minta ijin apakah kamarnya dapat dibersihkan.
secara perlahan sambil mengatakan housekeeping. Jika ada respon dari dalam, tunggu hingga pintu dibuka oleh tamu kemudian minta ijin apakah kamarnya dapat dibersihkan.
·
Kamar
kosong dalam keadaan dirty ( tamu sudah check out ).
· Buka curtain supaya penerangan di dalam
kamar lebih terang. Buka jendela untuk sirkulasi udara segar (beberapa hotel
jendela tidak dapat dibuka dengan alasan keamanan).
· Bawa gelas, ashtray, cangkir ke basin
di bathroom. bila ada tray dar room service hubungi room service untuk pick up.
· Bersihkan tempat sampah dan buang
sampah tersebut ke rubbish bag di trolley.
· Periksa semua ruangan untuk melihat
apakah ada barang-barang tamu yang tertinggal.
· Lepaskan sarung bantal satu per satu
kemudian letakkan bantal diatas meja/sofa.
· Tarik sheet kotor satu per satu agar
barang yang ada di bed tersebut tidak terbawa ke laundry.
·
Pindahkan semua linen kotor ke linen
bag pada trolley.
·
Periksa kebersihan bed pad, ganti bila
kotor.
·
Lalu, mulailah making bed. Letakkan
sheet pertama di tengah bed, kemudian kunci masing-masing sudutnya dengan
membentuk sudut 45 derajat.
·
Letakkan duvet cover seperti sheet pertama, ujung atas duvet sejajar
dengan tepi bed, kemudian rapikan hingga terlihat kencang.
·
Letakkan bantal yang sudah dipasang
sarung bantal pada ujung bed dekat head
board.
· Letakkan bed runner sebelah bawah dari bed.
· Setelah
making bed, lakukan dusting di area kamar dengan prosedur yang benar. Proses
dusting sebaiknya dilakukan secara terarah (se-arah jarum jam) untuk memastikan
semua furniture
tidak ada yang terlewatkan termasuk door entrance, skirting, desk table, chairs, window frame, coffee table, bed side table, wardrobe, dan lain-lain.
tidak ada yang terlewatkan termasuk door entrance, skirting, desk table, chairs, window frame, coffee table, bed side table, wardrobe, dan lain-lain.
· Lengkapi semua guest amenities yang dipakai oleh tamu dengan yang baru sebagai
syarat kelengkapan kamar.
·
Lalu, cleaning the bathroom. Flushing terlebih dahulu toilet bowl dan berikan
chemical. Diamkan sejenak, sambil melanjutkan pembersihan gelas, cangkir dan
asbak yang kotor.
· Sesudah itu, bersihkan toilet, bathtup,
shower, basin dan mirror. Lalu dikeringkan.
·
Ganti towel yang kotor dengan yang
bersih sesuai dengan standar.
· Ganti dengan yang baru semua amenities yang dipakai. letakkan
sesuai dengan standar.
· Bersihkan lantai kamar mandi, pastikan
bahwa rambut tidak ada yang tertinggal.
· Setelah itu, bersihkan lantai kamar.
Jika tidak terlalu kotor menggunakan lobby duster. Dan jika kotor menggunakan vacuum
cleaner. Serta sapu balcony hingga bersih.
·
Setelah itu, periksa kembali kamar tamu,
jika sudah bersih tinggalkan kamar dan tutuplah kembali kamar tamu.
c) Pembersihan Kamar Vacant
Clean
Kamar vacant clean yaitu
kamar yang berstatus kosong dan bersih dan kamar ini dapat dijual. Hanya saja
selagi belum terjual kita sebagai roomaid/roomboy dapat memeriksa kembali
bagaimana keadaan kamar tersebut, sudah bersih atau belum dan sudah siap atau
belum untuk dijual.
Langkah-langkah
membersihkannya yaitu ;
·
Preparation
trolley (semua perlengkapan pembersihan kamar seperti : sheets, bath towels,
hand towels, face towels, bath mats, pillow cases, bath robes, perlengkapan
tamu (Guest Supplies), alat-alat pembersih (Cleaning Equipment), bahan-bahan
pembersih (Cleaning Supplies), dan Guest Stationary).
·
Setelah
semua perlengkapan trolley telah siap dan tertata dengan rapi, maka mulailah
menuju kamar yang akan dibersihkan.
·
Bell kamar kemudian sebutkan “Housekeeping”, bila tidak ada respon
ulangi lagi. Jika juga tidak ada respon, buka pintu
secara perlahan sambil mengatakan housekeeping. Jika ada respon dari dalam, tunggu hingga pintu dibuka oleh tamu kemudian minta ijin apakah kamarnya dapat dibersihkan.
secara perlahan sambil mengatakan housekeeping. Jika ada respon dari dalam, tunggu hingga pintu dibuka oleh tamu kemudian minta ijin apakah kamarnya dapat dibersihkan.
·
Kamar
kosong dalam keadaan vacant clean.
·
Buka curtain supaya penerangan di dalam
kamar lebih terang. Buka jendela untuk sirkulasi udara segar (beberapa hotel
jendela tidak dapat dibuka dengan alasan keamanan).
· Jika
kamar sudah vacant clean, disini tinggal mengecek dan memastikan apakah segala
perlengkapan dikamar sudah lengkap atau belum.
· Jika
ada kerusakan segera laporkan dan jika kurang lengkap segera dilengkapi.
·
Merapikan
kembali tempat tidur jika sedikit berantakan.
· Membersikan
kembali kamar mandi jika kotor dan jika tidak, hanya di lap saja.
· Setelah
semuanya telah rapi dan lengkap, dustinglah kembali sampai bersih dan
mengkilap.
· Setelah
itu, vacuum kembali lantai kamar dan lantai balcony dan mopping juga untuk
lantai kamar mandinya sampai semuanya bersih hingga merata.
· Setelah itu, periksa kembali kamar agar
bisa memastikan bahwa kamar siap dijual kembali dan terakhir beri pengharum
ruangan.
Thank you
0 komentar:
Posting Komentar